Posted by : Hikmawan Jumat, 09 Januari 2015

"Sepiring nasi sehari 3 kali itu baru cukup kalori
Lauk pauknya yang sederhana cukup gizi dapat lah terbeli"


eHikmawan.com - Ketika menunggu adzan maghrib berkumandang, tiba-tiba datang suara jedug-jedug di depan rumah. Tenang, depan rumah saya bukan diskotik. Apalagi panti pijet, tempat karoke, atau tempat jual CD bajakan hehe. Tapi seorang mas-mas yang sedang ngobrol dengan anak-anak, dia bawa kendaraan roda tiga (bukan becak), punya lima kursi (bukan mobil) dan full music (bukan angkot dari Padang wkwkwk). Apa itu? Odong-odong. Gimana bentuknya? Si mas-mas ada di belakang sementara di depannya ada tempat duduk empat sampai enam buah. Tempat duduk itu bisa goyang-goyang, mungkin filosofinya biar anak kecil bisa menghayati lagunya wkwk.

 
sumber gambar: andi-macan.blogspot.com

Anehnya, biasanya saya yang agak sewot saat ada sesuatu yang mengganggu ketenangan malah jadi penasaran. Bukan sama mas-masnya, bukan juga sama anak-anaknya, tapi sama lagunya. Lagunya asik, walaupun jedug-jedug tapi mengandung makna positif bagi orang seusia saya wkwk. Yap, cuplikan liriknya ada di paling atas. Saya yakiiin sekali itu lagu anak-anak populer jaman dulu, tapi saya lupa apa judulnya (dulu ngga tau, sekarang ngakunya lupa wkwkwk). Googling sebentar akhirnya tau, lagu itu judulnya:

4 sehat 5 sempurna

Saya jadi bertanya-tanya, saya saja yang masuk anak jaman dulu kadang bingung ketika mendengar sebuah lagu anak, apalagi jaman sekarang. Bisa-bisa malah ngga bisa membedakan lagu anak yang jedug-jedug dengan lagu Coboy Junior atau malah Goyang Dumang. Kita bisa akrab karena dulu manusia seperti Ria Enes dengan Susan, Agnes Monica cilik, Trio Kwek-kwek, dan Tina Toon cilik kerap wara-wiri di televisi bahkan pada jam sibuk/prime time. Lah sekarang? D'Terong Show? Inbox? Dahsyat? Sakitnya tuh di siniiii... Padahal lagu anak diciptakan untuk seusia mereka, di mana liriknya bermakna positif dan mendorong untuk jadi lebih baik. Bukan lagu tentang putus cinta trus goyang dumang -__________-"

Oleh karena itu, nyambung ke mas-masnya tadi, selayaknya kita hargai sebuah odong-odong seperti kita menghargai penyelamat anak bangsa seperti acara Laptop Si Unyil, Si Bolang, atau Upin Ipin. Coba lihat dan perhatikan ekspresi si anak ketika menaiki odong-odong, dia akan menghayati sekali seperti bertemu dengan dunia alaminya (contohnya ada di foto paling atas). Baik dari goyang-goyang si odong-odong juga dari lagunya. Nah bila tidak ada odong-odong, siapa lagi yang akan mempopulerkan lagu tentang pentingnya makanan 4 sehat 5 sempurna? Tentang cita-cita? Cinta produk Indonesia? Haruskah kita menyerahkannya pada pihak luar melalui Youtube dan Google yang jadi tempat dokumentasi lagu anak-anak tersebut? Apa kita ingin anak-anak kita jadi ahli Belah Duren, jadi bidadari turun dari surga ea, atau yang paling nyesek nyari-nyari bapa mana bapa mana padahal bapaknya lagi gendong anaknya tersebut? -__________-"

Nah sambil menghayati kata-kata di atas, enaknya sambil streaming lagu 4 sehat 5 sempurna:


Dan ini ada link website bagus tempat lagu-lagu anak, lengkap dengan lirik, streaming audio video, dan download onlinenya:
http://liriklaguanak.com

Oke? Bye.

Tambahan: Hebatnya lagi sesaat sebelum adzan Maghrib, si mas-mas bilang ke anak-anak:
"Sebentar lagi pengen Magrib, udahan dulu ya. Besok lagi" dan dengan terburu-buru mengayuh odong-odongnya (kemungkinan untuk ikut solat Magrib jamaah, positif thinking lah wkwkwk)

Cool!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -