Posted by : Hikmawan Kamis, 12 Februari 2015

eHikmawan.com - Dunia musik Indonesia yang sedang meredup kembali tercoreng. Penjiplakan lagu secara terang-terangan, mencapai 99 persen, dilakukan oleh grup vokal Putri Bahar bersaudara. Lewat lagu Pusing Pala Barbie, bagi yang mendengarkan akan setuju bahwa kemiripan dengan lagu All About That Bass milik Meghan Trainor yang sedang populer sangatlah dekat. Melalui acara Hitam Putih Trans 7, pemain piano Anugerah Prahasta atau Anu, menyatakan bahwa kemiripan kedua lagu tersebut mencapai 99 persen. Kesamaannya karena memiliki notasi reffrain yang 99 persen sama, tempo musik yang sama, dan progresi yang juga sama.

Silahkan simak video dari Putri Bahar bersaudara yang membawakan lagu Pusing Pala Barbie berikut ini:


Kemudian putar video lagu All About That Bass milik Meghan Trainor, seorang vokalis, pencipta lagu, sekaligus produser dari Amerika Serikat:


Meski sudah terang-terangan melakukan penjiplakan dan plagiat di lagu Pusing Pala Barbie sayangnya sang pengupload sekaligus pengaransemen, ajuy dewa, mencoba berkelit dengan kata-kata yang tidak pantas dilakukan seorang pelaku industri kreatif:
 "Kreatifitas ga harus menciptakan karya baru yang nggak pasti dan bernilai rendah yang ujung-ujungnya ga jadi apa-apa. Ini memang sampah, tapi masih bisa dinikmati dan diterima bangsa kita. Pastinya bisa menghidupi saya dan sekeluarga hehehehe,"
"Perlu kalian ingat juga, yang dijiplak/ditiru itu bukan karya kalian & bukan karya Indonesia..!!"

Sungguh sangat disayangkan, saat pelaku industri musik di Indonesia sedang berusaha menggeliat dengan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif harus ternodai dengan ulah oknum pelaku seperti Ajuy.


Referensi:
entertainment.kompas.com/read/2015/02/11/123118610/.Pusing.Pala.Barbie.99.Persen.Jiplak.All.About.That.Bass.
kask.us/hVLaM
kask.us/hWb3K

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -