Posted by : Hikmawan Selasa, 31 Maret 2015


Museum Sangiran - Pintu Gerbang

eHikmawan.com - Pernahkah anda mendengar tentang manusia purba? Atau masih ingatkah anda pada nama yang katanya adalah nenek moyang kita seperti Pitecantropus Erectus/Homo Erectus? Pada 26 Maret 2015 kemarin atas undangan seorang teman saya akhirnya berkesempatan untuk melihat langsung Museum Manusia Purba Sangiran (The Homeland of Java Man). Dengan harga tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang kami memasuki ruangan demi ruangan yang terbagi menjadi tiga ruang pamer yaitu:

1. Ruang Pamer 1 Kekayaan Sangiran
2. Museum Sangiran - Ruang Pamer 2 Langkah-langkah Kemanusiaan
3. Museum Sangiran - Ruang Pamer 3 Masa Keemasan Homo Erectus - 500.000 Tahun yang Lalu

Mendapat sedikit cerita dari teman, sebelum bagus seperti sekarang ini Museum Sangiran belum direvitalisasi dan  kurang menarik untuk dikunjungi.  Saat ini kondisi ruang pamernya sangat nyaman dengan penyejuk ruangan/AC yang dingin serta tata lampu yang sedap dipandang. Selain itu koleksi-koleksi yang ada sangat terawat sehingga tak heran di hari biasa pun Museum Sangiran ramai oleh pengunjung, utamanya anak-anak sekolah yang ingin mempelajari masa lalu mereka hehehe.

Seperti dikutip dari web Wikipedia,  Museum Purbakala Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Situs Sangiran memiliki luas mencapai 56 km² meliputi tiga kecamatan di Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) serta Kecamatan Gondangrejo yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Situs Sangiran berada di dalam kawasan Kubah Sangiran yang merupakan bagian dari depresi Solo, di kaki Gunung Lawu (17 km dari kota Solo). Museum Sangiran beserta situs arkeologinya, selain menjadi obyek wisata yang menarik juga merupakan arena penelitian tentang kehidupan pra sejarah terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan dunia.

Di museum dan situs Sangiran dapat diperoleh informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi. Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecantropus erectus (salah satu spesies dalam taxon Homo erectus) oleh arkeolog Jerman, Profesor Von Koenigswald.

Lebih menarik lagi, di area situs Sangiran ini pula jejak tinggalan berumur 2 juta tahun hingga 200.000 tahun masih dapat ditemukan hingga kini. Relatif utuh pula. Sehingga para ahli dapat merangkai sebuah benang merah sebuah sejarah yang pernah terjadi di Sangiran secara berurutan.

Daripada banyak tulisan silahkan nikmati foto-foto sederhana dari saya :D

Museum Sangiran -Patung Manusia Purba Dekat Gerbang Depan


Museum Sangiran - Ruang Pamer 1 Kekayaan Sangiran

Museum Sangiran - Ruang Pamer 2 Langkah-langkah Kemanusiaan
Museum Sangiran - Ruang Pamer 3 Masa Keemasan Homo Erectus - 500.000 Tahun yang Lalu
Museum Sangiran - Maket Museum Sangiran
Museum Sangiran - (katanya) Evolusi Manusia

Museum Sangiran - Homo Erectus

Museum Sangiran - Homo Erectus (yang tidak pakai baju ya :p)

Museum Sangiran - Manusia Modern (katanya, modern tapi kok telanjang wkwk)

Museum Sangiran - Ada ceramah juga tentang manusia modern wkwkw

Museum Sangiran - Eugene Dubois (ada yang masih inget pelajaran Sejarah di SMP/SMA? wkwk)

Museum Sangiran - Pembagian Zaman Dinosaurus

Museum Sangiran - Peralatan Manusia Purba

Museum Sangiran - Bagian Belakang Museum Sangiran

Museum Sangiran - Koleksi langka yang mencoba kabur wkwkwk

Museum Sangiran - Ada saung juga buat istirahat setelah melihat (katanya) nenek moyang wkwkw

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -