Posted by : Hikmawan Senin, 25 Juli 2016

cara membuka rekening bank bca

eHikmawan.com - Kebutuhan akan sebuah rekening bank dalam kehidupan sehari-hari saya rasa  tak dapat ditawar-tawar lagi. Mulai dari pembayaran gaji, transaksi online shop, sampai pinjaman modal usaha dan bahkan untuk sekedar isi pulsa bisa dilakukan melalui sebuah rekening bank. Di sini saya akan share pengalaman saya dalam hal cara dan syarat terbaru membuka rekening Bank BCA. Kenapa saya sebut "terbaru"? Karena sebelum datang ke kantor Bank BCA saya melakukan research mulai dari Googling, menghubungi Halo BCA di 1500888 perihal pembukaan rekening, sampai telepon ke Kantor Cabang Pembantu terdekat dari kantor saya dan info yang saya dapat agak sedikit berbeda/baru dari penelusuran via internet.

bank BCA KCP Wisma Nusantara
Wisma Nusantara tempat Bank BCA terdekat dari kantor saya (source: Wikipedia)
Secara umum syarat membuka rekening Bank BCA (Tahapan) adalah sebagai berikut:
1. Bila ingin registrasi awal secara online silahkan isi formnya DI SINI. Setelah sukses anda akan mendapatkan nomer referensi yang bisa langsung diinfokan ke CS Bank BCA.
2. Ingin datang langsung ke bank? Silahkan isi formnya di TKP. Pengalaman saya di bank lain, isi formnya dilakukan sendiri. Sedangkan ketika tadi pagi membuka tabungan BCA diisikan formnya oleh CSnya secara digital.
3. Bukti identitas diri yang masih berlaku berupa KTP/SIM/PASPOR
4. Kartu NPWP
5. Resi perpanjangan dari instansi terkait (bila kartu identitas dalam proses perpanjangan)
6. Surat keterangan domisili apabila:
Alamat yang tercantum dalam KTP Pemohon daerahnya berbeda dengan daerah Kantor Cabang BCA tempat rekening dibuka;
Pemohon tidak memiliki dokumen pendukung identitas lain atau nama dan atau alamat yang tercantum dalam dokumen pendukung identitas lainnya berbeda dengan yang tertera di KTP
7. Dokumen pendukung lainnya (apabila ada) sesuai ketentuan yang berlaku di BCA
8. Uang 500ribu sebagai setoran awal
9. Materai 6000

Sebelumnya, saya dihadapkan pada situasi alamat KTP saya tidak sama dengan lokasi kantor Bank BCA tempat saya akan membuka rekening. Baca sana sini saya dapatkan keterangan tetap bisa asal melampirkan syarat nomer 6, surat keterangan domisili. Wah saya fikir berarti saya harus buat suratnya ke Kelurahan. Untungnya saat saya baca lebih jauh bisa diganti menjadi surat keterangan kerja/surat referensi dari kantor ditujukan khusus untuk pembukaan rekening bank. Oke, pekerjaan tersebut cukup mudah dan dalam sekejap saya sudah selesai membuatnya. Langkah selanjutnya, saya coba telpon ke Halo BCA untuk lebih jelas. Sayang sekali (menurut saya) dari Halo BCA keterangannya kurang lebih sama dengan di website resmi BCA dan diberi tahu bahwa kebijakan tiap kantor cabang BCA perihal pembukaan baru rekening BCA berbeda-beda. Okelah saya kemudian telepon ke Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Wisma Nusantara. Nah di sini saya mendapat keterangan menarik:

Syaratnya ternyata tidak sesulit yang saya baca di internet, cukup bawa KTP yang berformat eKTP, bukan KTP kertas biasa. Jadi logikanya, data kita di eKTP lah yang menjadi jaminan yang selama ini menjadi semacam momok bagi pihak perbankan saat ada fihak yang ingin membuka rekening bank baru, karena banyak oknum2 yang menyalahgunakannya untuk kejahatan. Karena data eKTP bersifat nasional maka itu dianggap cukup untuk pembukaan rekening baru. Nah kalau KTP biasa bagaimana? Saya lupa menanyakan, tapi kemungkinan besar akan dimintakan surat keterangan domisili atau surat keterangan kerja/surat referensi dari kantor untuk data penunjang, atau mungkin juga bukti identitas diri dibutuhkan lebih dari satu (misal KTP dan SIM).

cara dan syarat terbaru membuka rekening bank BCA
Proses penandatanganan dokumen/surat perjanjian pembukaan rekening BCA
Berbekal hal tersebut, saya langsung menuju ke Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Wisma Nusantara dan prosesnya kurang lebih sebagai berikut:
1. Dimintakan eKTP dan kartu NPWP. Data eKTP saya diprint, dan diinput secara digital oleh CS Bank BCA
2. Ditanyakan pertanyaan yang tidak ada di data eKTP seperti nomer HP, email, bekerja di mana, alamat dan kontak kantor dan alasan membuka rekening.
3. Setor uang 500ribu dan menyerahkan materai (pihak bank menyediakan materai, tentunya kita harus membayar materai tersebut).
4. Foto diri melalui web camera CS.
5. Tanda tangan dokumen/surat persetujuan/buku tabungan.
6. Memasukan nomer telefon dan PIN ATM melalui alat di atas meja (semacam mesin EDC)
7. Selesai, rekening dan kartu ATM telah jadi dan siap dipakai.

cara dan syarat terbaru membuka rekening bank BCA
Buku Tabungan dan Kartu ATM BCA telah siap digunakan :D
Secara umum saya sangat puas dengan proses pembukaan rekening Bank BCA, plus minuman gelas dan snack yang diberikan (bahkan saya berkali-kali ditawarkan teh dan kopi hehe). Beberapa pengalaman buruk beberapa orang tentang membuka rekening Bank BCA saya rasa karena langkah preventif yang dilakukan oleh Kantor Cabang yang bersangkutan.

Oke thanks for reading :D

Ciao!

{ 2 komentar ... read them below or Comment }

  1. Kalo tidak punya npwp gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Npwp wajib ada kak..udah peraturannya seperti itu

      Hapus

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -