Posted by : Hikmawan Kamis, 02 April 2015


eHikmawan.com - Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting bagi anak-anak. Kehadiran berbagai macam jenis sekolah dengan kelebihannya masing-masing diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan orangtua yang menginginkan pendidikan yang terbaik untuk putra-putri mereka. Ummat Islam, yang memiliki populasi terbesar di Indonesia, adalah salah satu konsumen yang membutuhkan pendidikan yang tepat baik secara agama maupun sosial. Sistem pesantren atau boarding school di Indonesia yang telah lama ada bertransformasi menjadi beberapa jenis di era modern sekarang termasuk yang memiliki keunggulan menghafal atau hafidz Al-Qur'an dan juga penggunaan bahasa internasional.


Baitul Qur'an Boarding School yang berada di Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah adalah pilihan dari paman saya bagi anaknya untuk menempuh pendidikan selepas SD di mana mereka menawarkan berbagai keunggulan antara lain:
- Dalam kegiatan pembelajarannya berusaha menyeimbangkan aspek ruhiyah/mental, fikriyah/intelektual dan jasadiyah/jasmani.
- Menggunakan sistem BOARDING SCHOOL (pagi belajar di SMP, siang-malam belajar di Pondok Pesantren) sehingga 24 jam peserta didik mendapatkan lingkungan pendidikan yang baik dan aman dari pergaulan bebas tanpa kontrol.

Brosur Penerimaan Siswa Baru SMP Baitul Qur'an Boarding School

Hari Senin tanggal 30 Maret 2015 lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi pesantren modern tersebut. Setelah berkendara lebih kurang 30 menit dari Karangpandan dan melalui jalan yang dipenuhi pemandangan yang sangat indah (pohon karet, persawahan, dan masyarakat pedesaan) akhirnya sampai juga di Pesantren Baitul Quran Sragen, di mana di dekat pintu masuk terdapat kolam pemancingan untuk umum. Setelah pintu masuk terdapat tiga tempat yang bisa kita masuki yakni area khusus tamu, area khusus wanita/akhwat, dan area khusus ikhwan/laki-laki. Di area khusus tamu ada banyak saung-saung tempat beristirahat/bercengkrama keluarga siswa/siswi sebelum melepas anak mereka.


Saya kemudian mengikuti paman saya masuk ke area khusus ikhwan di mana terdapat ruang kelas, asrama, dan juga masjid. Pembangunan di pesantren ini tampak jelas karena seperti kata paman saya, akan dibangun SMA Baitul Qur'an, dan di sisi kiri terdapat pembangunan satu lantai tambahan di bagian ruang kelas. Menariknya, di tiap pohon terdapat keterangan sehingga bisa menjadi sarana belajar bagi siswa/i.




Seperti dikutip dari laman resmi pesantren Baitul Qur'an Sragen, http://www.baitulquran-sragen.com, visi misi dari pesantren ini adalah:
VISI
Mencetak generasi Qur’ani, Mandiri dan Berprestasi

MISI
1. Menyelenggarakan sistem pendidikan tahfidz berjenjang dan berkarakter qur’ani.
2. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang berorientasi pada prestasi akademis.
3. Membekali siswa dengan pendidikan entrepreneurship.
4. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi kepada kemampuan siswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Sedangkan Struktur Yayasan adalah sebagai berikut:
Pembina: DR. H. Muslih Abdul Karim, MA.
Pengawas: Drs. Mutammimul Ula, SH
Ketua: Ir. Agus Purwanto, ST
Sekretaris: Ari Tri Priyono, ST
Bendahara: Ust. Sudir, S. Pd.


Semoga dari Pesantren Baitul Qur'an ini akan tumbuh banyak hafidz-hafidzah yang berdaya saing dan mampu mengamalkan Al-Qur'an di kehidupan sehari-harinya kelak, serta menghadirkan manfaat bagi orangtuanya di akhirat nanti. Amiin.

Alamat lengkap Baitul Qur'an Boarding School Sragen:
Garut 1 Rt 4 Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57293
Contact Person: 081390771113

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -