Posted by : Hikmawan Selasa, 13 Januari 2015

eHikmawan.com - Desa Tulungrejo (dan juga Desa Pelem) yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri akrab juga disebut sebagai Kampung Inggris atau Kampung Kursus. Kepopulerannya berbanding lurus dengan berbagai testimoni positif alumnus lembaga kursus yang ada di desa tersebut. Tak heran nama besar Kampung Inggris menjadi magnet besar yang membuat masyarakat Indonesia penasaran dan tertarik untuk memperdalam ilmu bahasa Inggris yang di era globalisasi ini seakan sudah menjadi kewajiban untuk memilikinya. Berawal dari rasa penasaran inilah yang akhirnya memancing pertanyaan-pertanyaan dari calon peserta kursus, yang bila dilihat biasanya sama dan selalu diulang-ulang. Karena itu saya mencoba mengulas beberapa pertanyaan yang umum dan sering ditanyakan tentang Kampung Inggris Pare, Kediri.

Gerbang Masuk Desa Tulungrejo - dokumentasi eHikmawan.com

Tanya
Kenapa disebut Kampung Inggris?
Jawab
Disebut Kampung Inggris atau Kampung Kursus karena banyaknya kursusan khusus bahasa Inggris yang didirikan di sana. Mulai dari speaking, reading, writing, translating, structure/grammar, sampai materi khusus untuk menjadi pengajar bahasa Inggris

Tanya
Apa benar di Kampung Inggris semua menggunakan bahasa Inggris?
Jawab
Sayangnya tidak, kebanyakan di luar kelas/asrama/camp bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Jawa. Tapi ada beberapa tukang jualan yang menggunakan bahasa Inggris, seperti tukang pentol di depan Mahesa Institute.

Tanya
Keunggulan Kampung Inggris apa saja?
Jawab
Keunggulannya banyak, di antaranya biaya hidup yang terjangkau, kesederhanaan masyarakat, suasana belajar yang sangat mendukung, pilihan tempat kursus yang sangat banyak, kuliner yang cukup beragam, dan rasa persaudaraan yang tinggi antar pelajar.

Tanya
Kekurangan Kampung Inggris?
Jawab
Kekurangannya, fasilitas pendukung bagi yang biasa hidup diperkotaan amat minim. Tidak ada bioskop, mall, dan sarana hiburan lain. Selain itu karena kesederhanaan masyarakat kadang masalah kebersihan kurang dijaga sehingga beberapa kali terjadi penyebaran wabah penyakit seperti penyakit kulit, karena kurangnya kebersihan.

Tanya
Kenapa harus belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris?
Jawab
Karena Kampung Inggris terbukti mencetak pelajar-pelajar yang mahir bahasa Inggris yang berkualitas sejak jaman dulu, dari berbagai kalangan dan tujuan. Dan sebagian besar pelajar puas dan bahkan ingin kembali lagi setelah berkursus di sini.

Tanya
Kampung Inggris di mana?
Jawab
Kampung Inggris terletak di Desa Tulungrejo (dan sebagian kecil Desa Pelem), Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Tanya
Bagaimana cara ke Kampung Inggris?
Jawab
Pertanyaan ini sudah banyak jawabannya di internet, tapi secara umum jawabannya adalah sebagai gambaran bila ditempuh dengan kendaraan motor/mobil dari stasiun Kediri menghabiskan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam. Dari terminal Jombang pun kurang lebih sama. Cara ke sana bisa dari arah Kediri, Surabaya, Jombang, Malang.

Tanya
Naik apa ke Kampung Inggris?
Jawab
Bisa naik kereta api (turun di stasiun Kediri dan Jombang), pesawat terbang (turun di Bandara Juanda Surabaya, lanjut bis ke Kediri), bis (via terminal Malang, Kediri, dan Jombang), maupun motor.

Tanya
Saya pilih tempat kursus yang mana ya? Saya bingung memilih tempat kursus yang berkualitas di mana.
Jawab
Secara umum kualitas tempat kursusan di Kampung Inggris hampir sama dan merata, karena biasanya tutor dari masing-masing lembaga memperdalam ilmunya di berbagai tempat kursusan di Kampung Inggris juga jadi ilmu yang didapatkan berputar-putar di Kampung Inggris saja.


Salah Satu Tempat Kursus di Kampung Inggris - dokumentasi eHikmawan.com

Tanya
Saya awam sekali bahasa Inggris. Sebaiknya belajar apa ya?
Jawab
Saya pribadi menyarankan untuk belajar speaking (berbicara) dulu karena untuk melancarkan bicara. Selain itu bisa ditambahkan listening (mendengarkan), pronounciation (pelafalan), atau vocabulary (perbendaharaan kata). Jangan langsung structure/grammar, apalagi TOEFL.

Tanya
Saya sudah faham sedikit-sedikit bahasa Inggris, saya pilih program yang mana?
Jawab
Kalau sudah faham sedikit, silahkan tentukan tujuan awal anda ke sini. Jika ingin lancar berbicara, pilih speaking tingkat di atas basic. Untuk menguji kemampuan anda, tidak ada salahnya untuk dites di awal. Bila tidak dites oleh lembaga anda bisa meminta mereka untuk mengetes anda sebelum menentukan ada di kelas speaking yang tingkat mana. Bila tujuan anda agar bisa paham tulisan bahasa Inggris, pilih kelas reading dan structure/grammar dasar sebelum melangkah ke translate atau writing.

Tanya
Saya sudah lumayan ahli bahasa Inggris, lembaga mana yang cocok?
Jawab
Untuk speaking rata-rata lembaga sudah memiliki kelas speaking tingkat lanjut. Untuk grammar tidak semua lembaga memiliki program lanjutan seperti translate atau writing.

Tanya
Tujuan saya TOEFL dan IELTS. Pilih lembaga yang mana?
Jawab
Untuk TOEFL sudah lumayan banyak lembaga yang membuka seperti TEST, Global English, Elfast, Peace, Acces Es, bahkan Kresna. Untuk IELTS saya kurang faham, yang saya tahu hanya Global English, TEST, dan Access Es.

Tanya
Untuk interview kerja pilih lembaga mana?
Jawab
Sama seperti tingkatan speaking, interview kerja biasanya lanjutan dari speaking tingkat akhir. Pilihannya sepanjang yang saya tahu bisa di Access Es, Global English, Elfast, dan Daffodils.

Tanya
Pilih camp atau kos biasa?
Jawab
Tergantung, kalau anda ingin bersantai dan tak terikat peraturan seperti wajib berbahasa Inggris, pilih kos biasa. Tapi kalau ingin cepat menguasai bahasa Inggris sekaligus praktek dan mendapat kelas tambahan tiap habis Subuh dan Maghrib, pilih camp.


Salah Satu Camp di Kampung Inggris - dokumentasi eHikmawan.com

Tanya
Saya hanya punya waktu sedikit tapi ingin cepat mahir bahasa Inggris. Mungkinkah? Berapa lama kira-kira waktu mulai dari kita awam sampai mahir?
Jawab
Selain tergantung kepintaran masing-masing, menurut saya paling tidak dibutuhkan waktu tiga bulan untuk bisa menguasai speaking tingkat mahir, writing tingkat menengah, dan translate tingkat menengah. Atau bisa juga TOEFL tingkat menengah. Kalau anda lebih pandai dan memiliki semangat yang sangat tinggi, kemungkinan dua bulan bisa. Sebagai gambaran, pendidikan di BEC, lembaga pertama di Kampung Inggris, diadakan selama 6 bulan mulai dari awal sampai siap kerja di bidang Bahasa Inggris. So kira-kira itu bisa menjadi acuan awal.

Tanya
Masalah biaya kursus dan camp/kos?
Jawab
Biasanya lembaga menyediakan paket (termasuk biaya kursus dan camp) atau masing-masing terpisah. Biaya kursus sangat beragam, mulai dari 20an ribu sampai ratusan ribu rupiah per dua minggu. Sepengetahuan saya, yang termurah adalah Kresna (bulan Mei 2014 biayanya 25ribu per dua minggu per mata kursus) dan termahal biasanya IELTS karena sehari ada empat sampai lima pertemuan, selama dua minggu. Untuk camp/kos juga bervariasi, mulai dari 100ribu sampai di atas 300ribu per bulan (kalau tidak salah pernah ada camp di bawah 100ribu, tapi saya lupa nama lembaganya).

Tanya
Fasilitas di camp/kos?
Jawab
Fasilitas sangat sederhana, rata-rata di kamar berupa kasur lantai berikut lemari lampu colokan listrik. Satu kamar untuk 2-5 orang, bahkan lebih kalau sedang peak season. Kamar mandi digunakan bersama-sama. Ada juga kos eksklusif, satu kamar satu orang dan kamar mandi dalam, tapi saya kurang faham berapa biayanya.

Contoh Suasana Kamar di Camp - dokumentasi eHikmawan.com

Tanya
Masalah keamanan?
Jawab
Secara umum Kampung Inggris aman, tapi kita wajib waspada terhadap penjambret bermotor karena beberapa kali kejadian penjambretan di Jalan raya Brawijaya. Selain karena jalanan yang lurus, juga terkadang pelajar ceroboh menaruh tasnya di keranjang sepeda, atau bertelpon ria di pinggir jalan. Selain itu pernah ada kasus kecurian di camp/kos, biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berpura-pura menanyakan ada kamar kosong atau tidak. Kewaspadaan diri kita sendiri yang pertama wajib diperhatikan.

Tanya
Masalah makanan?
Jawab
Makanan menurut rata-rata orang Jakarta sangat murah di Kampung Inggris. Dengan lima ribu sudah bisa kenyang. Bahkan ketika bulan Mei 2014 dengan tiga ribu pun kita bisa makan nasi+sayur+kerupuk+sambal, prasmanan pula. Untuk ayam penyet/panggang/goreng antara 7ribu sampai 10ribu. Nasi pecel antara 3500-8000. Perhatikan masalah kebersihan warung makan karena seringkali ada lalat bebas berkeliaran, begitu juga dengan kucing liar.

Salah Satu Tempat Makan di Kampung Inggris - dokumentasi eHikmawan.com
Tanya
Jadwal belajar kita sehari-hari seperti apa?
Jawab
Tiap satu program biasanya berdurasi satu setengah jam, dengan lokasi/kelas tertentu. Dan sehari saya menyarankan mengambil maksimal lima program, apalagi untuk yang camp karena akan ditambah dua program camp. Jadi mirip dengan sistem perkuliahan, silahkan susun sendiri jadwalnya, apalagi bagi yang kursus di tempat yang berbeda-beda bisa jadi tantangan yang mengasikkan.

Tanya
Tempat nongkrong? Adakah?
Jawab
Biasanya bagi yang ingin nongkrong ada di Warung Ketan, di sebelah Daffodils. Tempatnya di dekat sawah, dengan pemandangan alami dan segar. Bisa juga di semacam kafe seperti di Wakapo (Warung Kampung Pojok), Bali House, Pare Corner, Cafe Klasik, sampai di tempat terbuka seperti di Taman Kilisuci (sebelah Masjid An-Nur), alun-alun Pare, Tugu Garuda, dll.

Tanya
Tempat wisata dan rekreasi?
Jawab
Meskipun sedikit tapi ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi dengan bersepeda. Ada Candi dan Goa Surowono (Goa ini wajib dikunjungi, di mana kita bisa menyusuri goa gelap nan sempit sepanjang kurang lebih 15 menit), dua tempat futsal (satu tempat dekat Taman Kilisuci, satu lagi jalan ke arah Candi Surowono), kolam renang Al-Fiil, stadion (paling enak joging di sini) maupun Garuda Park dan Taman Kilisuci.


Candi Surowono Pare - dokumentasi eHikmawan.com
Goa Surowono Pare - dokumentasi eHikmawan.com
Taman Kilisuci dan Masjid An-Nur Pare - dokumentasi eHikmawan.com
Stadion Canda Bhirawa Pare - dokumentasi eHikmawan.com

Ada pertanyaan lain? Silahkan tulis di komentar, sebisa mungkin saya akan jawab.

Terimakasihhh

{ 16 komentar ... read them below or Comment }

  1. Disana ada kafe gak ? Sebutin dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bro..utk nama cafenya ane ngga faham karena ane ga pernah nongkrong di cafe wkwkw

      Hapus
  2. om saya masih ragu, utk pendaftaran mending saya langsung ke tempat atau online om, krna sya juga masih bingung lembaga mana yg akan saya pilih. mohon bantuannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo om Yasir. Untuk pendaftaran tergantung om Yasir, kalau males untuk muter2 di lokasi untuk hunting tempat kursus mending pilih online. Nah kalo emang suka "tantangan" ya datang langsung aja hehe. Tapi jangan lupa tetap survey di internet tentang lembaga2 yg ada di Kampung Inggris yak jadi di Pare ngga buta sama sekali

      Hapus
  3. Kolam renang alfil bukanya jam berapa ya ka?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh maaf ya Canny aq ngga bisa bantu, belum pernah ke sana.

      mungkin antara jam 9-10 kali yaa kalo melihat jam buka kolam renang pada umumnya hehe

      Hapus
  4. makan yg paling enak apa ya? disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg populer sih ketan susu hehe..suasananya nyaman, kl rasa sih ya standar lahh :D

      Hapus
  5. Saya ingin ikut camp, tapi saya takut kotor di bagian toilet, dan saya pobia karet. Apakah ada peraturan di tempat camp mengenai kebersihan kamat mandi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Syalsya, untuk camp tidak ada aturan khusus tentang kamar mandi di camp. Tapi tutor/kepala camp punya kewenangan untuk masalah kebersihan. Ngga usah takut :D, sebelum memutuskan ingin camp di mana km bisa survey terlebih dahulu, termasuk mengecek kamar mandinya.

      Saya ingat ketika teman saya survey tempat camp/kos, dia mengecek kamar mandinya, utamanya masalah air karena vital sekali menurut dia.

      Hapus
  6. hay mas, saya dari lembaga bahasa inggris di lampung dan saya ingin mengadakan program field trip ke kampung inggris. Apakah bisa saya stay disana dengan murid-murid saya tanpa kursus karna kan saya membawa nama lembaga bimbingan saya ini. terimakasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau field trip membawa nama lembaga sendiri menurut saya lebih baik mbak Ikke menghubungi salah satu lembaga kursus di Pare saja, bisa jadi nantinya akan ada kerjasama saling menguntungkan di antara kedua lembaga :D

      sudah sering kok ada kerjasama antar lembaga bahasa Pare dg di luar Pare. Cmiiw.

      Hapus
  7. Ada batasan umur ngga? Umur saya 25 dan pengetahuan bhs inggris masih minim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada batasan umur :). Saya pas ke Pare usianya 26 mas, dan excited banget untuk belajar bahasa Inggris bareng orang-orang se-Indonesia :D

      Hapus
  8. Mas saya masih sedikit tergagbgu tentang bagaimana nanti mengatur jadwalnya, karna saya berencana mengambil 2 program di tempat yang berbeda dalam waktu 1 bulan, saya khawatir nantinya akan bentrok haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting jadwalnya jangan bentrok gan wkwkw. Tp untuk program2 populer biasanya satu tempat kursus menyediakan lebih dari satu waktu, misal Speaking 1 bisa sehari 3x jadwalnya. Jadi pastikan dulu ya ke tempat kursusnya

      Hapus

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -