Posted by : Hikmawan Selasa, 29 Oktober 2019



eHikmawan.com - Hadirnya sebuah jurnal penelitian sangat penting bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan masyarakat pada suatu bidang khusus. Tak terkecuali bidang ilmu komunikasi, yang di dalamnya terdapat banyak sekali hal-hal baru yang terus berkembang dengan pesat terlebih di era revolusi industri 4.0.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku pengatur kebijakan mengenai komunikasi dan informatika di Indonesia, turut memegang peranan penting bagi pengembangan riset dan penelitian mengenai ilmu komunikasi dengan menerbitkan sekitar 17 jurnal/publikasi. Dari jurnal-jurnal tersebut kita bisa mendapatkan banyak sekali bahan-bahan penelitian mengenai perkembangan teknologi informatika, komunikasi, pos, kebijakan, big data, e-government, media sosial, e-learning, e-health, e-commerce yang dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) wilayah Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Manado.

Dari berbagai jurnal tersebut, saya mencatat ada 9 jurnal yang terindeks oleh Sinta. Apa itu Sinta? Berdasarkan dari deskripsi yang ada di website Ristekdikti, Sinta (Science and Technology Index) adalah portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Lantas apa pentingnya Sinta? Singkatnya, bagi jurnal yang sudah diindeks oleh Sinta maka "derajat" jurnal tersebut sudah naik kelas karena adanya akreditasi yang dilakukan oleh Sinta, di mana terdapat 6 tingkatan (S1, S2, S3 sampai S6) berbeda yang menandakan di mana kelas jurnal tersebut berada. Semakin kecil tingkatan maka semakin baik jurnal.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, apa pentingnya sebuah jurnal yang sudah terindeks oleh Sinta? Bagi mahasiswa pascasarjana seperti saya, terdapat syarat mutlak kelulusan bagi saya yaitu harus bisa menerbitkan satu jurnal yang terindeks Sinta yang meskipun tidak ada persyaratan harus di tingkat Sinta berapa tapi sudah diwanti-wanti oleh seorang dosen untuk menerbitkan minimal jurnal dengan indeks S1-S3.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas (:D), dan karena saya memiliki kewajiban untuk menerbitkan di jurnal Kementerian Komunikasi dan Informatika, maka saya coba untuk memetakan jurnal-jurnal mana saja yang bisa dimasukkan karya saya (:D). Berikut adalah hasil penelusuran yang saya lakukan di website jurnal.kominfo.go.id:

Nama Jurnal: Buletin Pos Dan Telekomunikasi
Website: http://online.bpostel.com/
ISSN: eISSN : 2443-1524 pISSN : 1693-0991
Sinta Score: S2
Publication Frequency: June December
Description/Scope: "Scientific work/Manuscript that can be published in the Buletin Pos dan Telekomunikasi is in the form of academic papers, research reports, surveys, research briefings, and degree theses, analysis of secondary data, thoughts,  theoretical/conceptual/methodological reviews in the field of: Post (including policy, technology and standardization of postal equipments and services) and Telecommunications (including policy, standardization, market, resources, security, infrastructure and technology either wireless or wired telecommunications, both voice and data communications.)

Nama Jurnal: Jurnal Penelitian Komunikasi
Website: http://bppkibandung.id/index.php/jpk/index
ISSN: ISSN: 1410-8291 e-ISSN: 2460-0172
Sinta Score: S2
Publication Frequency: July December
Description/Scope: Diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung. Terbit pertama kali Desember 1997. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media yang menyajikan hasil-hasil penelitian di bidang komunikasi, media, dan informatika.

Nama Jurnal: Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika
Website: https://jurnal-ppi.kominfo.go.id/index.php/jppi/index
ISSN: e-ISSN: 2476-9266 p-ISSN: 2088-9402
Sinta Score: S2
Publication Frequency: September December
Description/Scope: POST: Including policy and standardization of postal or logistics equipments and services the scope topics include, but are not limited to: Analysis of Post/ Logistic Services and Business Models, Policy on Post/Logistic, Regulation of Post/Logistic Services, Analysis of Structural Post/Logistic, Technology implementation in Post/Logistic
INFORMATICS: Aims to bring together research work in the area of Information science and technology preferably related policy, model and implementation of IT . the scope topics include, but are not limited to : Analysis & Design of Information System, Artificial Intelligence, Big Data and Data Mining, Cloud & Grid Computing, E-Government, E-Business, E-Learning, E-Health, E-Commerce, Enterprise System, Human Computer Interaction, IT impact in socio-economics, IT for Education/ Industry or Chemical Mobile Computing & Applications, IT Implementation/ application in various sectors, Software Engineering, Software Entrepreneurship, 
Web Engineering, Wireless Communication."

Nama Jurnal: Jurnal PEKOMMAS
Website: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas
ISSN: e-ISSN: 2476-9266 p-ISSN: 2088-9402
Sinta Score: S2
Publication Frequency: September December
Description/Scope: Jurnal yang diterbitkan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah bidang komunikasi, informatika dan media massa. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi maupun pemerhati komunikasi, informatika dan media massa.

Nama Jurnal: Jurnal Studi Komunikasi Dan Media
Website: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm
ISSN: e-ISSN: 1978-5003 p-ISSN: 2407-6015
Sinta Score: S2
Publication Frequency: June December
Description/Scope: Jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan kajian/telaah terhadap fenomena komunikasi, media dan informatika. The scope of JSKM covers: Communication sciences, Public Relation, Broadcasting, Mass Media and Journalism, New Media and Social Media, Information Management, Information Security Management, ICT for Development, Digital Innovation, E-Government and E-Governance, E-Commerce.

Nama Jurnal: Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik
Website: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop
ISSN: e-ISSN: 2527-4554 p-ISSN: 1978-2462
Sinta Score: S2
Publication Frequency: June December
Description/Scope: Diterbitkan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika ( BPSDMP KOMINFO ) Manado - Badan Penelitian dan Pengembangan SDM - KEMKOMINFO. Scope: Communication , Information and Communication Technology ( ICT ).
  
Nama Jurnal: IPTEK-KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi
Website: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom
ISSN: e-ISSN 2527 4902 p-ISSN 4410 3346
Sinta Score: S3
Publication Frequency: July December
Description/Scope: Merupakan jurnal penelitian dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. Jurnal IPTEK-KOM adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses review. Jurnal IPTEK-KOM fokus pada bidang komunikasi, kebijakan publik, serta teknologi informasi dan komunikasi Jurnal IPTEK-KOM.

Nama Jurnal: Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika
Website: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika
ISSN: eISSN : 25795899
Sinta Score: S4
Publication Frequency: June November
Description/Scope: Is a scientific communication media publishing research finding/critical analysis focused on communication, media, and information technology.

Demikian, semoga post ini bermanfaat :)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Logo Pesona Indonesia Baru

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -