Posted by : Hikmawan Kamis, 19 Maret 2015


eHikmawan.com - Able Final Course Pare adalah salah satu lembaga kursus yang pertama kali hadir di Kampung Inggris Pare dibanding beberapa kursus yang muncul belakangan. Posisi lembaga kursus ini sangat strategis, berada di pinggir jalan Brawijaya, sehingga memudahkan calon kursuser yang berminat mengambil program di sana. Able Final Course Pare menyediakan berbagai macam jenis kursus bahasa Inggris mulai dari speaking, vocabulary, hingga grammar. Selain itu mereka juga menyediakan camp yang memiliki kelas habis Subuh (sekitar jam 5) dan setelah Magrib (sekitar jam setengah 7). Untuk kelas habis Subuh berupa menghafal vocabulary dan daily expression, sementara kelas setelah Magrib diisi materi yang bervariasi mulai dari debat, presentasi, menonton film, listening, hingga drama. Biaya yang saya keluarkan saat camp di sini kalau saya tidak salah ingat adalah 150ribu per bulan.

Di Able Final Course Pare saya hanya mengambil camp saja tanpa program, karena saya sudah memiliki program sendiri di beberapa lembaga kursus lain. Kesan pertama saya saat camp di tempat ini adalah ruangan yang nyaman dan bersih. Air di kamar mandinya pun bersih. Tapi ada catatan khusus, kondisi ruangan yang bersih dan nyaman tersebut hanya saya temui di bangunan camp bagian tengah, berdasar info yang saya dapat itu adalah bangunan yang paling baru. Ketika saya dan teman-teman dipaksa pindah ke bangunan lain (karena ada rombongan wanita yang akan camp di Able, padahal saat itu tempat tersebut adalah camp laki-laki) maka yang saya dapati adalah kamar camp yang rata-rata, dengan kamar mandi yang sedikit kurang baik. Sebagai gambaran, di Able Final Course sendiri memiliki kurang lebih lima bangunan untuk camp dan beberapa tempat untuk kelas sehingga bisa dibayangkan betapa besarnya tempat ini. Terlebih tempat ini menyediakan camp untuk wanita dan laki-laki, yang tentunya dipisah di bangunan yang berbeda, sehingga menjadi salah satu nilai plus dari Able Final Course. Kelebihan lain dari Able Final Course adalah memiliki dua titik wifi.id yang sangat membantu bagi kursuser yang ingin berinternet dengan kecepatan tinggi, dan di kantor tersedia voucher wifi.id dengan produknya Indi School, seharga 1500 rupiah untuk pemakaian 24 jam. Sangat hemat, dan saat saya tes dengan Speedtest hasilnya sangat memuaskan :D

Foto bareng di Able Final Course Pare, yang saya lingkari merah adalah tutor Miss Sulis dan Mr Ogud
Dua orang tutor yang saya kenal di lembaga Able Final Course yang juga menghandle camp adalah Miss Sulis dan Mister Ogud. Kedua tutor ini yang biasanya mengadakan kelas camp setelah Subuh dan Magrib, dan menghadirkan keceriaan tersendiri dengan tingkah laku mereka berdua :D. Overall, camp di Able Final Course sangat menyenangkan, saya beberapa kali ikut serta dalam acara di camp seperti masak dan makan bersama, bakar jagung bersama, bersepeda ke Candi dan Goa Surowono, bertanding futsal dengan camp/lembaga lain, terlibat pembuatan drama berbahasa Inggris yang penuh kenangan, dan juga perpisahan yang sukses membuat beberapa kursuser menangis :D.


Masak + Makan bareng di Able Final Course Pare

Jalan-jalan bareng ke Candi Surowono
Perpisahan di Able Final Course Pare dengan berfoto bersama
Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi calon kursuser yang berniat camp dan belajar di Able Final Course Pare.

Plus:
- Lokasi yang strategis dan akses ke berbagai tempat yang mudah dijangkau
- Kondisi kamar yang bersih dan nyaman di sebagian tempat
- Terdapat kursuser wanita dan laki-laki sehingga tidak bosan
- Tutor/mentor yang menyenangkan
- Terdapat fasilitas wifi.id yang sangat cepat
- Biaya camp cukup murah

Minus:
- Tidak semua bangunan memiliki kamar yang bersih dan nyaman
- Kondisi kelas yang terkesan seadanya
- Informasi tentang Able Final Course di internet sangat sedikit sehingga terkadang menyulitkan calon kursuser yang datang dari luar daerah.

{ 3 komentar ... read them below or Comment }

  1. berarti bisa cuma ambil camp nya aja tanpa kursus dari able?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, saya dulu ambil camp saja di Able :)

      Hapus
  2. Saya dulu juga kursus disini. Waktu semester 6 kuliahnya. Kangen sama tempatnya.

    BalasHapus

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -