Posted by : Hikmawan Senin, 28 November 2016

The Rain feat Endank Soekamti (source: itunesku.com)

eHikmawan.com - Posting kali ini, masih tentang The Rain, akan ngebahas tentang konsep tiga single terakhir The Rain yang ngehits yaitu Terlatih Patah Hati, Gagal Bersembunyi, dan Penawar Letih. Kenapa perlu satu post khusus? Karena saya cukup terkesan dengan konsep yang ada di belakang tiga single yang dirilis selama tiga tahun berturut-turut (sama-sama rilis tanggal 18 November!). Dari yang saya tangkap, The Rain setelah lepas dari major label (Prosound/Trinity Optima Production(2003-2008) dan Nagaswara (2008-2012)) memutuskan berkarir di jalur indie. Nah dari jalur inilah di awal muncul tiga lagu ini.


Lagu Terlatih Patah Hati adalah hasil kolaborasi apik dan cerdas bersama Endank Soekamti. Apik karena lagunya seakan menjadi hymne wajib para jomblo, dan cerdas karena Endank Soekamti memiliki personil-personil kreatif yang bisa menjadi partner bagus untuk The Rain dalam menjalani jalur indienya. Terbukti Terlatih Patah Hati menjadi hits, dan video klipnya di Youtube ditonton belasan juta kali. Sampai dengan 20 Oktober 2016 sudah ada 14.713.135 viewer! Itu baru di channelnya Erix Soekamti, belum di channel resmi The Rain, dan juga di channel lain yang memajang klip tersebut. WOW! Konsep video klipnya memang keren, salut buat mas Erix!


Masuk ke single kedua, Gagal Bersembunyi. Jujur saja saya telah mendengar lagu ini berulang kali dan tidak bosan-bosan. Bukan karena baper ya wkwkwk, tapi di luar lagunya yang enak banget di dengar juga karena bagi saya liriknya dengan cerdas bisa memunculkan satu hal yang menjadi "kegelisahan" dan "pertanyaan" dari orang-orang yang telah atau sedang menjalani hubungan. Ya, saya suka sekali liriknya :). Btw sudah ada 4.511.643 kali view di video klipnya loh, fantastik!
Hey apa kabarmu jauh di sana
Tiba tiba teringat cerita yang pernah kita upayakan
Ku pikir aku berhasil melupakanmu
Berani beraninya kenangan itu datang tersenyum
Meskipun jalan kita tak bertemu
Tapi tetap indah bagiku semoga juga bagimu
Kau tahu aku merelakanmu
Aku cuma rindu aku cuma rindu
Takkan mencoba tuk merebutmu
Aku cuma rindu itu saja
Gagal kali ini gagal bersembunyi di balik kata kata bijak
Yang selalu mampu membuat aku terlihat tangguh
Padahal hancur lebur harapan
Yang terlanjur ku percaya ahaaa haaa

Untuk lagu Penawar Letih, saya rasa lagu ini memiliki "daya bunuh" cukup baik, tapi (mungkin) karena berdekatan dengan peluncuran album barunya The Rain maka waktu untuk promosi atau mengudara di radio dan tempat-tempat lain kurang sehingga hypenya tidak seperti dua lagu sebelumnya. Kalau bagi saya pribadi sih, lagu ini yang paling sesuai dengan kondisi saya sekarang. Pertama karena saya RoKer (rombongan kereta) yang berangkat dari pagi buta (jam 5 udah berangkat dari rumah :D) dan sampai rumah sudah gelap (jam 6 magrib). Kedua, karena Penawar Letih ini memang cocok bagi seseorang yang telah menjadi penawar letih saya...hehehe.

Khusus untuk lagu Terlatih Patah Hati dan Gagal Bersembunyi saya kagum sekali konsep video klipnya. Dengan potongan-potongan orang-orang yang berbeda sambil menyanyikan lagu yang sama membuat banyak orang membuat cover versionnya. Alasannya, karena memang seru dan bisa jadi kenangan bersama :D Tak hanya orang biasa, bahkan lagu tersebut dicover oleh anggota TNI dan Polri loh :D.

Nih monggo dicek sendiri videonya:





Selain itu, lewat kreatifitasnya netizen Indonesia menjadikan lagu Gagal Bersembunyi sebagai lagu untuk ngeprank/ngetroll/ngerjain mantan. Hasil akhirnya? Ada yang langsung baper, ada juga yang malah nyeramahin, nyuruh skripsinya dikelarin haha.

Ini videonya:


Trilogi lagu tersebut datang dengan konsep yang berbeda-beda, tapi tetap terasa The Rain banget, dan bikin album Jabat Erat menjadi album yang sangat pantas untuk dikoleksi :D. Apalagi ditambah dengan konsep video yang unik dan kreatif, mantap betul lah pokoknya :D

Terimakasih udah menyimak ya :)
Jabat erat!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -