Posted by : Hikmawan Senin, 28 November 2016

The Rain Band (source: blogpemudi.wordpress.com)

eHikmawan.com - The Rain. Ada banyak sekali alasan bagi saya untuk menjadikan band ini sebagai band Indonesia yang paling istimewa :D. Memang awalnya karena wanita wkwkwk, tapi semakin ke sini ada banyak sekali hal yang bisa dibanggakan dari The Rain. Berikut ini beberapa terawangan saya tentang mengapa saya suka The Rain:

1. Lagunya berkelas!
Ada dua tipe lagu The Rain menurut saya, lagu dengan tempo lambat (baca: sedih) dan tempo cepat (baca: semangat). Masing-masing memiliki kekuatan dan cerita sendiri-sendiri, dan sama-sama bagus! Sulit sekali mencari band yang bisa membawakan lagu sedih/romantis dan semangat yang sama bagusnya.
a. Lagu sendunya benar-benar mengguncang hati :D... Coba dengar lagu Dengar Bisikku, Tolong Aku, Jangan Pergi, Persimpangan, Bulan Sabit, Bermain dengan Hatiku dll. Pedih brooo.
b. Lagu cerianya enak untuk menggoyangkan kepala. Banzai!, Terimakasih Karena Kau Mencintaiku, Warna Hidup, sampai Terlatih Patah Hati adalah beberapa lagu bertempo cepat yang enak didengar tatkala membutuhkan suntikan semangat untuk menjalani hari yang keras... Tsahh.

2. Lagunya tidak cengeng dan long lasting!
Bayangkan dirimu sedang dalam kondisi galau dengan pasangan. Perasaan banyak sekali halangan yang merintangi hubungan kalian, dan tiba-tiba dia datang sambil bernyanyi seperti ini:
Genggam tanganku jangan bimbang
Tak usahlah lagi dikenang
Naif diri yang pernah datang
Jadikan pelajaran sayang
Dengar bisikanku oh dinda
Coba lapangkan dada kita
T'rima aku apa adanya
Jujur hati yang kita jaga
Dijamin langsung lumerrr haha. Lagu ini memang romantis, tapi tidak cengeng dan menya-menye. Liriknya tersusun dengan cerdas dan tetap jleb di hati. Lirik-lirik The Rain seakan mampu menangkap momen-momen yang tepat yang sesuai dengan kondisi hati pendengarnya entah itu di lagu yang romantis, sedih, ceria, sampai inspiratif. Semuanya pas takarannya :D
Mengenai long lasting, coba dengarkan lagu-lagu The Rain dari album pertamanya, Hujan Kali Ini. Meski album tersebut telah berusia 13 tahun tapi tetap enak dan tidak terdengar ketinggalan jaman :D.

3. Personel The Rain cerdas!
Saya breakdown nih untuk poin nomer tiga ini. Ada tiga hal yang membuat saya yakin berkata kalau personel The Rain itu cerdas :D
a. Lulusan universitas
Ada satu hal unik dan membuat salut ketika saya mendengar lagu The Rain, yaitu personil-personilnya yang well educated. Indra Prasta (Fakultas Kehutanan UGM), Iwan Tanda (Teknik Industri UII), Aang Aggoro (Desain Interior ISI Jogja), dan Ipul Bahri (Teknik Informatika UPN Veteran). Tak heran bila idealisme mereka tetap terpelihara dengan lirik dan lagu yang tidak tunduk pada selera pasar :)

b. Multi talent
Komik Cihuy Anak Band, Novel The Almost Brother, dan membuat website sendiri adalah bukti bahwa personil The Rain multi talent. Tak hanya membawakan lagu, dengan karya-karya mereka tersebutlah The Rain bisa semakin mendekatkan diri mereka dengan fans, dan bisa melihat sisi lain dari masing-masing personel.

c. Kreatif
Lima belas tahun merupakan waktu hidup yang lama untuk sebuah band. Bila tak ada kreatifitas, maka hampir bisa dipastikan eksistensinya akan terlibas dengan band-band lain yang selalu hadir dengan konsep dan lagu yang fresh dan berkualitas. Kreatifitas The Rain saya melihat mulai dari pemakaian beragam instrumen pada lagu-lagu mereka (yang terbaru ada di lagu yang berkonsep accapella), karya-karya di luar musik (seperti komik dan novel), pengelolaan akun media sosial yang konsisten dan memunculkan konten-konten yang kreatif (silahkan cek akun Twitter, Instagram, FB, dan channel Youtubenya ya :D), penggunaan konsep video klip yang menarik dan berbeda satu dengan yang lain (yang terbaru, video klip Berkunjung Ke Kotamu yang...out of the box :D) dan lainnya. Kreatifitas mereka berpadu dengan solidnya hubungan antar personil membuat band mereka awet bertahan dan karyanya tetap diterima oleh telinga masyarakat Indonesia.

4. Konsisten!
Tak usah banyak tulisan lah ya, waktu 15 tahun, selalu menelurkan karya-karya berkualitas, dan personil yang tak pernah ganti-ganti adalah bukti bahwa mereka konsisten. Konsisten untuk berkarya dan menghasilkan karya-karya berkualitas untuk The Rain Keepers dan penikmat musik di Indonesia. Hormat saya untuk konsistensi The Rain!

Saya dan The Rain (saya yg pakai jaket merah btw :D)

5. Dekat dengan fans!
Pada Kompasianival 2014 The Rain menjadi bintang tamu. Hal tersebut yang menjadikan saya tertarik untuk datang ke acara tersebut, disamping kehadiran Ahok dan Ridwan Kamil. Setelah The Rain membawakan beberapa singlenya, saya nekat datang ke backstage, sebuah ruangan kecil tempat The Rain berada setelah turun panggung. Tujuannya untuk foto bareng :D. Ketika itu mereka sedang wawancara dengan media, dan saya disuruh menunggu dulu oleh manajer The Rain. Tak lama, saya masuk dan memperkenalkan diri sebagai The Rain Keeper dan baru pertama kali bertemu langsung setelah 10 tahun mengenal The Rain. Kesan saya, mereka ramah sekali :D. Ngobrol-ngobrol akrab seperti dua orang teman, tidak memposisikan diri mereka sebagai orang terkenal.

Personil-personil The Rain lumayan aktif di Facebook, Twitter, Instagram, dan tak jarang membalas komen, meretweet, like, bahkan memfollow kita lho. Itu bukti lainnya kalau mereka dekat dengan fans. Belum lagi acara-acara jumpa fans, nonton bioskop bareng, buka puasa bersama, dll yang semakin menjadi bukti kalau The Rain memposisikan seorang fans sebagai teman dan sahabat, dan menjadi unsur penting dalam kesuksesan perjuangan The Rain hingga menjadi seperti sekarang ini.

Oke demikian penilaian sederhana saya tentang The Rain. Mohon maaf ada salah-salah kata :D

Cheersss

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -