Posted by : Hikmawan Sabtu, 07 Februari 2015


eHikmawan.com - Kehadiran smartphone murah meriah inisiasi dari Google bernama Android One disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Belasan ribu buah ponsel pintar telah laris manis diserbu oleh pembeli di mana sistemnya menggunakan sistem pre order. Keputusan Google menggandeng tiga brand lokal paling terkenal di Indonesia yakni Mito Impact, Evercoss One X, dan Nexian Journey 1 serta penjualan online dengan menggunakan perantara web Lazada, Blanja.com, Jakarta Notebook, dan Blibli berbuah manis. Mito yang dijual oleh Blibli harganya telah naik, dari 699ribu menjadi 999ribu, sementara Nexian yang menggandeng Jakarta Notebook dan Blanja.com stok semakin menipis, bahkan Evercoss yang bekerja sama dengan Lazada telah soldout sejak kemarin.

Nah sebelum anda memutuskan untuk ikut euforia Android One ala Google ini ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini untuk tahu hal-hal apa saja yang wajib dipertimbangkan dalam membeli Android One. Namun sebelum itu saya infokan bahwa saya telah membuat tiga buah posting khusus tentang kelebihan masing-masing dari Evercoss One X, Mito Impact, dan Nexian Journey 1, silahkan diklik:
- 9 Alasan Mengapa Harus Memilih Android One Mito Impact
- 9 Alasan Mengapa Harus Memilih Android One Nexian Journey 1
- 8 Alasan Mengapa Harus Memilih Android One Evercoss One X


Dan ini dia hal yang wajib kita pertimbangkan sebelum meminang salah satu dari Android One:

1. Brand atau merk
Meski terdapat nama besar Google di belakang Android One namun tetap kita harus cermati brand atau merk apa yang menjual produk smartphone ini. Evercoss, Mito, dan Nexian memang brand-brand besar dengan reputasi baik sejak lama tapi tak ada salahnya mencari informasi secara online atau offline tentang ketiga brand ini baik dari segi kehandalan produk, after sales service, harga jual kembali dan lainnya. Tanyakan kepada teman atau sanak saudara yang telah menggunakan produk dari brand tersebut, dan anda akan dapatkan satu dua referensi bermanfaat dari mereka.

2. Fitur dan Kelengkapan
Ketiga smartphone Android One memang memiliki fitur yang identik. Tapi bila kita cermati ada sedikit perbedaan dari spesifikasi, salah satu di antaranya adalah baterai pada Mito Impact memiliki kapasitas lebih besar 80 mAh.

Untuk kelengkapan terdapat perbedaan yang agak mencolok di mana Evercoss One X memberi tambahan leather case dan perdana internet, Nexian Journey 1 diberi bonus anti gores, headset, perdana internet, dan voucher belanja sementara Mito Impact polos-polos saja.

3. Online shop/penjual
Kehadiran online shop raksasa seperti Blanja.com, Jakarta Notebook, Blibli, dan Lazada memang menjadi salah satu faktor penting bagi sebagian orang karena ada beberapa yang fanatik dengan toko online tertentu. Selain itu yang jadi catatan adalah bagaimana reputasi toko online tersebut, kemudahan pembayaran, faktor ongkos kirim (karena ada yang memberi free ongkir), sampai kepada layanan pelanggan/customer servicenya.

4. Diskon
Ini jadi penentu lain yang layak jadi pertimbangan anda. Bila dilihat-lihat Blanja.com dan Jakarta Notebook yang memberi diskon paling banyak berupa potongan harga dan kupon antara 50ribu sampai 150ribu rupiah, sementara Blibli potongan diskon menggunakan kartu kredit dan voucher hingga 88ribu rupiah (melalui program Angpao) dan Lazada yang (biasanya) bisa kita manfaatkan voucher dari pendaftaran newsletternya senilai 50ribu.

Sebagai contoh Mito Impact, bila kita menggunakan kartu kredit BCA kita akan dapat harga 699ribu, ditambah potongan voucher angpao Blibli 88ribu maka yang akan kita dapatkan adalah 611ribu saja! Bandingkan dengan harga sekarang (7 Februari 2015) yang terbandrol 999ribu. Hemat sangat banyak bukan?

5. Review dari orang lain
Saat ini memang ketiga smartphone Android One belum sampai di tangan pembeli, tapi dari kabar yang beredar kuat dugaan kalau smartphone Evercoss One X, Mito Impact, dan Nexian Journey 1 adalah duplikat dari smartphone Android One yang ada di India dan Bangladesh yakni Spice Dream Uno (Nexian Journey One), Karbonn Sparkle V (Evercoss One X), dan Symphony Roar A50 (Mito Impact).

Bisa juga dengan berdiskusi di sebuah forum atau grup tertentu. Kalau saya biasa berdiskusi di Kaskus, dan thread yang sedang melaju kencang bisa dicek di sini > http://kask.us/hVLt9 Dari diskusi tersebut paling tidak kita bisa dapat sedikit gambaran dan berbagai update tentang smartphone incaran kita.

Demikian artikel tentang hal-hal yang wajib dipertimbangkan dalam membeli Android One dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -