Posted by : Hikmawan Senin, 26 Januari 2015


eHikmawan.com - Pada tanggal 26 Januari 2015 siang tadi Badan Ekonomi Kreatif akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian tersebut diikuti dengan pelantikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif yang diamanahkan kepada Triawan Munaf, ayahanda dari Sherina Munaf. Penantian akan hadirnya badan khusus yang menangani masalah ekonomi kreatif akhirnya terjawabkan, di mana harapan awal perhatian pemerintah datang dari pemerintahan SBY di mana kementerian yang mengurusi adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada masa kampanye Presiden tahun lalu, Jokowi menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu program unggulannya dan membuahkan janji pembentukan sebuah badan khusus yang terpisah dengan Kementerian Pariwisata dan mempunyai kedudukan sejajar Kementerian.


Ekonomi kreatif di Indonesia pada masa Pemerintahan SBY dibagi menjadi 15 subsektor:
1) Arsitektur
2) Desain
3) Film,Video & Fotografi
4) Kuliner
5) Kerajinan
6) Mode
7) Musik
8) Penerbitan dan Percetakan
9) Permainan Interaktif
10) Periklanan
11) Riset dan Pengembangan
12) Seni Rupa
13) Seni Pertunjukan
14) Teknologi Informasi
15) Televisi dan Radio

Urgensi dari sebuah badan khusus sangat terasa karena kelima belas sektor tersebut sangat erat kaitannya dengan perkembangan budaya sebuah bangsa. Selain itu devisa yang bisa dimaksimalkan sangat besar, di mana saat pembentukan Badan Ekonomi Kreatif kali ini Triawan Munaf dan jajarannya diberi anggaran Rp. 1 triliun dan ditarget menghasilkan penerimaan negara sebesar 7 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Semoga dengan diresmikannya Badan Ekonomi Kreatif semakin memacu kreatifitas dan mendorong terciptanya industri kreatif yang menunjang kemajuan Bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -