Posted by : Hikmawan Minggu, 18 Januari 2015

eHikmawan.com - Setiap calon pelajar yang ingin datang ke Kampung Inggris biasanya memiliki motivasi umum untuk belajar bahasa Inggris, dan berbagai macam motivasi khusus seperti belajar berbicara dengan bahasa Inggris, tata bahasa Inggris, sampai ingin memperdalam kemampuannya di bidang bahasa Inggris. Salah satu faktor penting yang mendukung berbagai motivasi tersebut adalah memilih tempat di mana dia tinggal nantinya ketika sudah menginjakkan kaki di Kampung Inggris. Itu bukan perkara gampang karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keputusan kita. Sama seperti rumah, kita tentu saja memiliki berbagai macam kriteria-kriteria dalam memutuskan tempat tinggal.

Salah Satu Camp di Kampung Inggris - dokumentasi eHikmawan.com

Berikut saya coba beberkan beberapa faktor penting dalam memilih sebuah camp atau kos:


1. Kenyamanan
Faktor ini saya tempatkan di nomor satu karena tujuan kita ke Kampung Inggris adalah untuk belajar, dan tempat tinggal kita wajib memiliki faktor kenyamanan untuk menunjang belajar kita nantinya. Kenyamanan yang wajib diperhatikan antara lain:
- Kondisi dan fasilitas kamar: pilihlah kos/camp yang kondisinya bagus, tidak sumpek, sirkulasi udara lancar, dan memiliki fasilitas yang cukup. Cukup di sini maksudnya paling tidak ada fasilitas colokan listrik dan lemari, karena ada beberapa kos/camp yang tidak memiliki lemari jadi terpaksa kita menggunakan koper/tas sebagai "lemari" dadakan.
- Kasur: pastikan kasur di kos/camp tersebut nyaman untuk kita tiduri, karena istirahat yang berkualitas tentu sangat penting bukan?
- Tidak panas: di bulan terakhir saya kebetulan mendapat camp di Able Final Course, menurut rekomendasi teman kursus saya tempatnya bersih dan enak. Tapi ternyata suasananya panas, karena temboknya langsung terkena paparan sinar matahari hehe. Ya memang tempatnya bersih dan enak, tapi kalau panas ya terus terang saja kurang nyaman. Berhubung saya tinggal di planet Bekasi yang terkenal panas ya tidak begitu terpengaruh sih haha.

2. Kebersihan
Faktor kebersihan menjadi penting karena kita tidak tahu ada berapa penyakit yang mengintai kita. Hati-hati terhadap kondisi kamar yang kotor karena bisa berdampak fatal, seperti terkena penyakit kulit, diare, bahkan sampai hepatitis. Ini serius karena ketika bulan April-Mei hepatitis sempat mewabah dan teman saya banyak yang terkena penyakit ini, dan dari diagnosa sementara teman-teman antara lain karena kebersihannya kurang terjaga. Tips dari teman saya, pilih kamar yang tidak lembab. Caranya perhatikan tembok kamar, apabila ada semacam rembesan atau bekas jiplakan air atau basah maka hampir bisa dipastikan kamar tersebut lembab dan kuman serta bakteri tentu sangat mudah berkembang biak.

3. Kamar mandi!
Bagi sebagian orang, kamar mandi adalah hal yang sangat penting. Teman saya ketika survei kos/camp yang awal-awal dilakukan adalah mengecek kamar mandi. Yang dicek adalah kualitas airnya, karena apabila kualitasnya kurang baik maka akan berpengaruh ke kesehatan kulit kita. Selain itu perhatikan juga apakah kamar mandinya bersih atau tidak, dan digunakan oleh berapa banyak orang. Karena seringkali jumlah penghuni dan kamar mandi tidak sebanding sehingga merepotkan kita jika kita punya jadwal padat sementara kamar mandi sering penuh karena sedang digunakan.

4. Lokasi
Pemilihan lokasi kos/camp bisa jadi prioritas utama sebagian orang. Meskipun ada sepeda, tapi tetap saja bila lokasi kos/camp terlalu jauh dengan lokasi kursus kita maka akan menguras tenaga. Terlebih bila kita harus pindah-pindah tempat kursus dalam sehari. Cape deeeeh.

5. Biaya
Faktor biaya tentu tidak bisa kita lepaskan apabila memilih kos/camp. Mengapa saya taruh di nomer 5? Karena biasanya selisih antara satu camp dengan camp lain tidak begitu jauh, dengan catatan kondisi dan kualitasnya sebanding ya. Menurut saya pribadi, sedikit mahal tidak apa-apa yang penting kita bisa nyaman, serta fasilitasnya lebih banyak. Money talks here :D

6. Penghuni lain/Tetangga
Perhatikan juga siapa saja penghuni lainnya, ada maksimal berapa orang yang tinggal di satu kamar serta di kos/camp tersebut,siapa tutornya (bila di camp), dan kalau perlu ngobrol saja dengan satu atau dua penghuni di situ buat masukan pertimbangan lain.

7. Faktor lain
Faktor lain yang biasanya di perhatikan antara lain: tentang peraturan yang ada di camp/kos tersebut, lokasi dengan tempat makan dan fasilitas umum (seperti warung, masjid, dll), besar kecilnya kamar, program-program apa saja yang ada di camp tersebut, masalah wajib Bahasa Inggris, dan faktor lain yang mungkin berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.


Contoh Suasana Kamar di Camp - dokumentasi eHikmawan.com

Okeh mungkin bila kita lihat ada banyak sekali faktor ya dan bisa membuat pusing kita ketika memilih kos/camp. Tapi percayalah, bila kita teliti maka akan sangat menguntungkan kegiatan pembelajaran di Kampung Inggris karena banyak sekali orang yang kangen ingin balik lagi ke Kampung Inggris karena faktor camp/kosnya yang enak dan tak sedikit yang tali silaturahim tetap tersambung dengan teman-teman camp/kosnya.

Selamat belajar di Kampung Inggris ya!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -