Posted by : Hikmawan Senin, 19 Januari 2015

eHikmawan.com - Ridwan Kamil. Bila kita mendengar nama beliau maka kata-kata yang mungkin terlintas di fikiran kita adalah: pemimpin hebat. Meskipun beliau datang dari jalur partai dan dicalonkan oleh PKS dan Gerindra, namun nyatanya kinerja beliau sangat hebat dan jauh dari kesan "boneka" partai. Background beliau yang berasal dari bidang arsitektur membawa perubahan signifikan bagi perkembangan fisik di Kota Bandung. Pembenahan dan pembuatan berbagai taman, revitalisasi sungai, trotoar, sampai yang belum lama ini ngetren yaitu tentang kerennya alun-alun Kota Bandung menjadikan banyak orang kagum pada sosok Ridwan Kamil. Yang terbaru, beliau "berulah" lagi dengan peresmian sebuah bangunan bernilai 27 miliar tempat Ridwan Kamil dan jajarannya mengontrol Kota Bandung, yakni Command Center Bandung. Apa itu Command Center Bandung?

Ridwan Kamil - dokumentasi pribadi eHikmawan.com
 Dikutip dari laman wisatabdg.com, Command Center Bandung adalah gedung tempat memonitor dan mengawasi berbagai tempat di Kota Bandung dari satu lokasi. Di dalamnya ada data cuaca, peta, video feed, special vehicles location, video analisis dan sebagainya. Command Center Bandung memiliki dua fungsi utama yakni untuk menyempurnakan pelayanan publik keluar dan mempermudah pelayanan kedalam yakni manajemen pengambilan keputusan cepat. Jadi bisa kita bayangkan bagaimana canggihnya Kota Bandung dengan konsep smart city. Bahkan di awal 2015, ditargetkan 150 pelayanan publik di Kota Bandung dilakukan secara online. Manfaat dari adanya command center ini, dari mengurus KTP, mengecek perizinan, hingga memonitor kemacetan atau banjir bisa dilakukan pengawasan dan penyebaran informasi secara realtime. Command center ini akan menjadi pusat data informasi dari seluruh instansi di lingkungan Pemkot Bandung.

Berikut adalah foto prototype awal dari Command Center Bandung, yang diposting Ridwan Kamil di akun Twitternya saat dia mencari tenaga SDM untuk di tempatkan di gedung tersebut:


Dan pada tanggal 19 Januari 2015, Ridwan Kamil meresmikan gedung Command Center Bandung dan langsung mencoba-coba kecanggihan yang ada di sana. Berikut adalah fotonya, yang kami ambil dari laman detikcom dan kompas.com:

detik.com
KOMPAS.com/Rio Kuswandi
Keren kan? Pertanyaan besar saya kemudian muncul begitu saja di fikiran: BEKASI KAAAAPPPAAAN? *tepokjidat

Referensi:
- regional.kompas.com/read/2015/01/19/13291941/Ridwan.Kamil.Harapannya.Tahun.2016.Kota.Bandung.Sempurna
- news.detik.com/read/2015/01/19/120535/2807067/486/monitor-lalu-lintas-dari-command-center-ridwan-kamil-aduh-eta-tukang-becak
- wisatabdg.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -