Posted by : Hikmawan Kamis, 22 Januari 2015

eHikmawan.com - Saat kita memutuskan untuk belajar di Kampung Inggris, hal awal yang kita pertimbangkan selain memilih program yang akan kita ikuti adalah memilih tempat tinggal. Secara umum terdapat dua macam tipe tempat tinggal di Kampung Inggris Pare yaitu kos dan camp.

 
Salah Satu Camp di Kampung Inggris - dokumentasi eHikmawan.com


Berikut ini penjelasan singkat camp dan kos:

- Camp
Tipe tempat tinggal di mana kita terikat oleh peraturan-peraturan seperti: English Area/Area Wajib Berbahasa Inggris, tambahan program setelah Subuh dan setelah Maghrib, aturan maksimal pulang malam (di sebagian camp), dan terdapat tutor yang mengawasi sekaligus membimbing kita. Camp yang ada di Kampung Inggris dibedakan menjadi dua jenis, yaitu camp yang dibundling/satu paket dengan program yang berada di suatu lembaga. Sebagai contoh lembaga Global English, mereka memiliki banyak sekali camp baik wanita maupun laki-laki yang dinamakan camp Male untuk laki-laki dan Female untuk wanita kemudian diikuti dengan nomer camp. Misal Male 1, Male 3, Female 2 dst. Nah camp ini tidak bisa kita tempati begitu saja, namun kita diharuskan untuk mengikuti paket yang disediakan oleh Global English. Selain itu ada juga camp yang bebas, dalam artian tidak terikat oleh lembaga manapun tapi tetap ada peraturan-peraturan yang mengikat.

- Kos
Tipe tempat tinggal di mana kita tidak terikat peraturan seperti camp. Jadi sama seperti kos-kosan di kota/tempat lain, kita hanya diwajibkan membayar iuran per bulan saja.

 
Contoh Suasana Kamar di Camp - dokumentasi eHikmawan.com

Untuk pertanyaan sesuai judul di atas, pilih camp atau kos di Kampung Inggris Pare? Menurut saya inilah beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan kita dalam memilih tipe tempat tinggal:

- Ingin santai apa terikat peraturan?
Dengan adanya peraturan-peraturan dalam camp, tentu bagi yang merasa selama ini bebas akan lebih merasa nyaman untuk tinggal di kos. Selain itu perhatikan juga banyaknya program yang anda ambil, bila dalam sehari anda memutuskan untuk mengambil lima atau enam program maka lebih baik ambil tipe kos karena apabila anda nekat ambil tipe camp maka anda akan sangat kewalahan karena pada camp biasanya terdapat dua program yang bisa menjadi beban tambahan. Tapi dengan peraturan-peraturan yang mengikat akan bisa melatih kita untuk berdisiplin dengan baik.

- Ingin ada English Area atau tidak?
Ada tipe orang yang capek dan stres saat harus belajar Inggris seharian. Bila anda termasuk tipe orang yang seperti itu, maka pilihlah tipe kos. Karena bila ditambah lagi kewajiban harus English Area tentu makin tambah capek dan stres kan hehe. Tapi saran saya, bahasa Inggris bukan sesuatu yang menakutkan atau membuat stres, santai saja. Bila anda memang belum siap bisa kok didiskusikan dengan tutor anda di camp/minta dikasih kelonggaran. Tapi percayalah, English is fun :D. Alasan lain, dengan adanya English Area akan membuat kita makin lancar berbahasa Inggris, karena pembiasaan merupakan faktor penting dalam belajar bahasa. Bagi yang kangen berbahasa Indonesia/daerah di camp, tenang saja karena biasanya tiap weekend (Sabtu dan Minggu) penghuni camp dibebaskan untuk memakai bahasa apa saja.

- Biaya
Untuk camp biasanya memiliki biaya yang sedikit lebih mahal. Wajar karena biaya tambahan tersebut digunakan untuk membayar tutor, biaya program tambahan, dan biaya lainnya. Tapi perbedaan biaya ini cukup masuk akal kok, dan biasanya semakin mahal biayanya maka fasilitas yang akan kita dapat akan semakin banyak.

- Kekompakan
Faktor kekompakan saya masukkan karena pengalaman saya camp di dua tempat, biasanya di camp terdapat program tambahan di pagi dan petang yang bisa menambah kekompakkan penghuni-penghuninya. Misal, di camp Global English saya pernah mendapat program petang berupa bercerita dengan sumber cerita dari kartu bergambar. Bila saya mendapat empat buah kartu bergambar gayung, lebah, apel, dan rumah maka saya wajib bercerita yang inspirasinya dari keempat kartu tersebut. Bila gagal maka harus siap-siap terkena coretan bedak dari teman-teman satu camp hehe. Nah program-program semacam itu tentu menambah kekompakan kita dalam satu camp di mana keadaan akan semakin akrab dan nyaman. Untuk tipe kos saya tidak tahu pasti, namun berdasar pengalaman dari teman tergantung dari penghuni kos tersebut apakah mau kompak atau tidak yang tentu saja membutuhkan usaha lebih dari kita.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang pertanyaan pilih camp atau kos di Kampung Inggris Pare. Semoga membantu :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -