Posted by : Hikmawan Kamis, 15 Januari 2015

Kabar yang menurut saya mengejutkan datang ketika web Berniaga.com memutuskan merger/bergabung dengan OLX.co.id. Agresivitas investor OLX dalam berinvestasi di Indonesia patut diacungi jempol, karena dengan kepastian merger ini maka website online classified di Indonesia sudah pasti satu-satunya penguasa adalah OLX.


Ketika awal, sekitar bulan November, berhembus kabar ini terus terang saya tidak begitu yakin. Apalagi ketika itu iklan di televisi dan di website-website tentang Berniaga.com masih kencang berhembus, yang artinya kegiatan promosi tetap berlangsung. Tapi ternyata kabar tersebut menjadi kenyataan, buktinya saat tadi malam saya mencoba membuat iklan di Berniaga.com via smartphone. Halaman awal Berniaga.com memang masih sama, tapi sebelumnya saya disambut semacam pop-up pemberitahuan bahwa OLX dan Berniaga telah bergabung:


Tak hanya pop-up di awal, tapi juga ketika ingin memasang iklan saya diarahkan ke halaman pemberitahuan tersebut. Artinya, kita sudah tidak bisa lagi memasang iklan di Berniaga.com (paling tidak via smartphone, saya kurang tahu bila via PC). Dan dengan begini maka persaingan dengan website sejenis akan semakin mudah bagi OLX, dan bisa jadi peluang bagi pemain baru untuk berkembang dan menyaingi OLX karena bagaimanapun, kehadiran web seperti OLX dan Berniaga tetap diperlukan selain faktor kemudahan juga fleksibilitas baik bagi pembeli maupun penjual.

Untuk persiapan dalam menyambut hilangnya Berniaga.com (halaaaah), saya mengcapture tampilan web Berniaga.com dari berbagai sisi. Lumayan untuk bernostalgia nantinya hehe:






 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -