Posted by : Hikmawan Sabtu, 03 Januari 2015


eHikmawan.com - Jaman sekarang handphone yang sudah bertransformasi menjadi lebih pintar sehingga lazim disebut smartphone tampaknya akan semakin menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat sampai ke pelosok desa. Parameternya sederhana saja, saat teknologi semakin maju maka teknologi yang satu atau dua tingkat di bawahnya akan semakin tertinggal dan berdampak langsung terhadap harganya. Contoh paling mudah yang bisa kita lihat adalah smartphone, yang dengan teknologi quadcore sudah menjadi semakin biasa dan octacore akan jadi sebuah kelaziman. Dan yang terjadi kemudian, harga smartphone yang memiliki teknologi di bawahnya akan semakin tergerus, terlebih bagi smartphone lokal yang memperebutkan pangsa pasar masyarakat awam yang sedang dalam masa peralihan dari feature phone.

Source gambar: itespresso.fr 

Nah sebelum melihat harga-harga wow handphone pintar di bawah ini, silahkan cek dulu berapa harga ponsel Single Core keluaran brand terkenal seperti Samsung:


Samsung Galaxy V
Single-core 1.2GHz RAM 512MB

Yup, harga masih di atas satu juta saudara-saudara! Setelah itu coba lihat dengan harga smartphone lokal dengan nama Pixcom bertipe Life Fun:


 
Pixcom Life Fun
Dual Core 1 Ghz RAM 256 MB


Beda hampir 3x lipatnya! Padahal spesifikasi cuma secara kasat mata cuma beda di besaran RAM saja, dan bahkan Pixcom unggul di jumlah core prosesornya.

Masih kurang? Coba cek smartphone Samsung lain dengan spesifikasi seperti prosesor Single Core atau bahkan Quadcore dan bandingkan dengan harga smartphone berikut ini:


SPC S15 Excel
Single Core 1 Ghz RAM 256MB


SPC S7 Arena
Quad Core 1.2 GHz RAM 512 MB

Rata-rata dua sampai tiga kali lipatnya kan? :D

Ya memang kita tidak bisa mengesampingkan harga dari sebuah brand terkenal seperti Samsung. Tapi lihatlah Xiaomi dan Asus, smartphone murah tidak selamanya identik dengan barang murahan. Strategi mereka dengan menggelontorkan smartphone berharga miring seakan mengobrak-abrik singgasana milik Samsung yang selama ini kita kenal dengan smartphone terlaris di Indonesia. Tak heran jika akhir-akhir ini Samsung semakin mengetatkan ikat pinggangnya dengan menutup toko resmi di London, atau mengerucutkan jumlah lini produk smartphone mereka sehingga bisa fokus dalam pemasaran. 

Ini zamannya harga mengalahkan brand bung! Hehe. Terlebih dengan berbagai kemudahan yang diberikan Google pada sistem operasi Android dan juga penetrasi luar biasa dari negeri China, maka sebuah smartphone Android baru seharga 300rb bukan tak mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi kita.

{ 2 komentar ... read them below or Comment }

  1. Gila ya cuma 300 ribu, harga vivo xshot dibandingin sama ini bisa jadi berapa kali lipat yaaa haha

    BalasHapus

Popular Post

Random Post

- Copyright © 2015 eHikmawan.com - Tentang Hikmawan Ali Nova - Metrominimalist Template - Designed by Johanes Djogan -